SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA,TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG...!!!
>

Jumat, 17 September 2010

Ucapkan shalawat serta salam bagi Rasulullah Saw. dengan Shalawat Ibrahimiyah

* Islam
* Muhammad

muhammad Shalawat Allah kepada Nabi, berarti Allah memberi berkah, penghargaan, dan menempatkan Rasulullah yang mulia disisi-Nya. Kemudian shalawat Malaikat kepada Nabi adalah memberi salam penghormatan atas diangkatnya kemuliaan dan kerasulan Muhammad, sebagaimana penghormatan malaikat kepada Nabi Adam as. serta juga memintakan ampunan untuknya, dan shalawat orang beriman adalah menjadi doa bagi dirinya. Kita diperintahkan berdoa kepada Allah agar Allah mencurahkan lebih banyak kehormatan dan rahmat kepada Rasulullah Saw..

Beberapa dalil menunjukkan bahwa Allah telah mencurahkan rahmat yang tak terhitung jumlahnya kepada Nabi Saw., namun kita masih diperintahkan untuk mencari rahmat Allah untuk Nabi Saw. Ini merupakan ekspresi cinta kita kepada Nabi Muhammad Saw. yang pada gilirannya menjadi indikasi keimanan kita yang dalam kepada Allah.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, "Barang siapa membaca satu shalawat kepadaku, Allah akan melantunkan sepuluh shalawat untuknya." (Hadits riwayat Muslim)

Meskipun tidak ada rumusan tertentu tentang shalawat kepada Nabi Muhammad Saw., namun beberapa ulama mengatakan bahwa salah satu ucapan shalawat terbaik adalah seperti disebutkan di dalam Shahih Bukhari, yang dikenal dengan Shalawat Ibrahimiyah:

Allahumma salli ^ala Muhammad, wa ^ala 'Ali Muhammad, kama sallayta ^ala ‘Ibrahim, wa ^ala 'Ali ‘Ibrahim. ‘Innaka Hamidum Majid. Allahumma barik ^ala Muhammad, wa ^ala 'Ali Muhammad, kama barakta ^ala ‘Ibrahim, wa^ala 'Ali ‘Ibrahim. ‘Innaka Hamidum Majid.

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Sayyidina Muhammad dan kepada keluarga Sayyidina Muhammad, sebagaimana engkau melimpahkan shalawat kepada Sayyidina Ibrahim dan kepada keluarga Sayyidina Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Mulia.
Ya Allah, berkatilah kepada Sayyidina Muhammad dan kepada keluarga Sayyidina Muhammad, sebagaimana Engkau memberkati kepada Sayyidina Ibrahim dan kepada keluarga Sayyidina Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar